Hadirkan Teknologi Penanggulangan Bencana, BPPT Teken MoU dengan BNPB

By Admin

Foto: Dokumentasi BPPT  

nusakini.com - Penanggulangan bencana di negeri tercinta Indonesia, tak pelak, juga membutuhkan dukungan teknologi. Hal ini khususnya terkait teknologi untuk deteksi dini bencana (early warning system), mitigasi bencana, serta penanggulangannya.

Terkait hal itu, BPPT lakukan Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), di Yogyakarta, (23/2/2017).

Kepala BPPT, Unggul Priyanto yang secara langsung menandatangani MoU menyebut bahwa kerjasama antara BPPT dengan BNPB ini untuk hal pengkajian dan penerapan teknologi di bidang penanggulangan bencana.

Disebutkan Unggul bahwa BPPT sudah berpengalaman dan selalu dilibatkan untuk penanggulangan bencana asap, kebakaran lahan dan hutan. "Kami siap untuk mengerahkan teknologi modifikasi cuaca apabila dibutuhkan untuk mengatasi kebakaran hutan, lahan, juga bencana banjir," sebut Unggul saat menghadiri Rapat Kerja Nasional BNPB.

Kepala BPPT juga menyebut bahwa pihaknya memiliki teknologi deteksi dini bencana atau early warning system (EWS) untuk bencana longsor serta banjir. Lainnya, kata Unggul, BPPT juga tengah mengkaji terap rumah darurat untuk bencana.

"Kedepan akan kami perkenalkan semua inovasi teknologi itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, Rakernas BNPB ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, Wiranto. Disampaikan Menkopolhukam bahwa tugas kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga penanggulangan bencana dan mitra kerja terkait selalu dinantikan oleh masyarakat.

"Kita harus mampu melakukan penanggulangan bencana dengan baik sehingga masyarakat terlayani," tuturnya kala membacakan sambutan dari Presiden RI Joko Widodo. (p/mk)